Facebook Image Twitter Image

Sejarah Pendirian

A.  LATAR BELAKANG

Yayasan Rahmany merupakan yayasan keluarga yang bergerak dalam bidang pendidikan. Yayasan ini berawal dari berdirinya Yayasan Pedidikan Rahmany di Ciputat pada tahun 1995, dimana pada rencana awal akan mendirikan lembaga pendidikan menengah umum di Sawangan Bogor.   

Pada perkembangannya rencana tersebut tidak jadi direalisasikan, setelah pada rapat tanggal 16 April 1999 musyawarah keluarga memutuskan untuk mendirikan pendidikan tinggi di Sekayu. Perubahan rencana ini dikarenakan adanya informasi tentang belum adanya pendidikan tinggi di Sekayu, sehingga diharapkan akan lebih berpeluang besar dalam menjaring calon mahasiswa baru, disamping memberikan kesempatan kepada para lulusan sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah dengan tempat yang terjangkau.

Setelah diputuskan untuk membuka pendidikan tinggi di Sekayu, maka keluargapun berangkat menuju ke kota Sekayu untuk merelasisaikan rencana tersebut. Di Sekayu pihak keluarga langsung mengadakan konsolidasi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti DPRD, Bupati, MUI, UNSRi dan juga Kopertis Wilayah II dan juga mendaftarkan nama Yayasan Rahmany tersebut ke Notaris. Melalui Notaris Zainudin, S.H. dengan akta Notaris nomor : 3/1999 tanggal 10 Mei 1999 dan terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Sekayu Nomor : 48/1999 tanggal 14 Mei 1999 maka resmilah Yayasan Rahmany berdiri di Sekayu.

Setelah mendapat respon positif dan dukungan dari pihak-pihak tersebut, akhirnya pada tahun 1999 Yayasan Rahmany resmi menyelenggarakan STIE Rahmaniyah.

B.  DASAR PEMIKIRAN

Hal yang melandasi Yayasan Rahmany untuk bergerak dalam bidang pendidikan antara lain :

1.      Allah SWT akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu serta berilmu pengetahuan.

2.      Siapa yang menginginkan dunia, hendaklah ia memiliki ilmu dunia, siapa yang menginginkan akhirat hendaklah ia memiliki ilmu akhirat dan siapa yang menginginkan keduanya hendaklah ia memiliki ilmu tentang dunia akhirat.

3.      Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya (lahir & batin), merupakan program nasional yang wajib didukung dan diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara diantaranya melalui jalur pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.

4.      Otonomi daerah menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu faktor utama keberhasilan pelaksanaannya.

C.  FILOSOFI NAMA YAYASAN RAHMANY

Kata Rahmany yang menjadi nama yayasan ini sebenarnya diambil dari dari Bahasa Arab "Ar Rahman" yang artinya Maha Pengasih,oleh sebab itu Yayasan ini dalam pelaksanaanya didasari rasa kasih sayang dan keikhlasan serta dijiwai oleh semangat islam. Dari sisi lain "Rahnmany" diambil dari nama Abdur Rahman Bin H. Muhammad Harun (haruny) (kakak\orang tua kami)

D.  ARTI LOGO YRS

- Perisai segi enam : melambangkan enam rukun iman

- Huruf "YR" : singkatan Yayasan Rahmany

- Bintang segi lima :bintangnya melambangkan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa,   sedangkan segi limanya melambangkan Rukun Islam

- Guci \ Tempayan : melambangkan kesejukan, ketenangan, dan kesejahteraan  dalam kehidupan.

- Warna Kontras : melambangkan sumber aspirasi

PENGUKUHAN AKTA NOTARIS "RAHMANY" dan "RAHMANIYAH"

Saat ini Yayasan rahmany telah menyesuaikan dengan Undang-Undang Nomor : 16 Tahun 2001 direvisi Undang-Undang Nomor: 28 tahun 2004 tentang Yayasan, melalui Akta Notaris Fauzi Lesmana SH, nomor: 1/2005 dan dikukuhkan oleh Surat Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : C-HT.01.09-130 tanggal 27 Mei 2005

PENGGUNAAN KATA "RAHMANY" dan "RAHMANIYAH"

- Rahmany hanya dipakai hanya untuk yayasan (Yayasan Rahmany)

- Rahmaniyah dipakai untuk sekolah-sekolah(baik Tinggi\Menengah), seperti STIE Rahmaniyah, STIH Rahmaniyah, STAI Rahmaniyah, SMA Rahmaniyah.

 


STIE Rahmaniyah

STIH Rahmaniyah

STIAI Rahmaniyah

SMA Rahmaniyah